Lakon Pewayangan : Babad Alas Amer (Cirebonan)

0 272

Tidak disangka oleh Kurawa, ternyata setelah peristiwa Bale Sigala-gala ternyata Pandawa yang dikira mati terbakar ternyata masih hidup. Pandawa telah muncul di Negara Pancala setelah memenangkan sayembarara menarik busur panah dan memperistri Dewi Drupadi. Kini Pandawa menuntut kembali akan haknya Negara Astina yang telah dikuasai Kurawa. Disisi lain Prabu Drestarastra telah menyerahkan kekuasaannya kepada anaknya yakni Duryudana yang telah dinobatkan sebagai Raja Astina dengan pertimbangan karena Pandawa sudah dianggap meninggal saat peristiwa Sigala-gala dengan bukti diketemukannya enam mayat yang dipercaya sebagai jasad Pandawa dan Dewi Kunti ibunya.

Untuk menghindari percekcokan dan pertumpahan darah antara kedua keturunan darah Kuru itu maka diputuskan Pandawa diganti diberi wilayah Amer yang masih berujud hutan untuk bisa ditebang dan didirikan Kerajaan. Dengan semangat dan tekad yang kuat akhirnya Pandawa berhasil membuka Hutan Amer dan mendirikan kerajaan yang diberinama Amarta. Dalam pembukaan dan penebangan Hutan Amerta ini berabgai cobaan dan gangguan telah menimpanya.

Hal ini dikarenakan Hutan Amer secara lahiriah berujut belantara hutan namun secara gaib Hutan Amer sebenarnya sebuah Kerajaan para Jin dengan Rajanya bernama Sapujagad. Namun dengan kesaktian, ketekunan dan keteguhan hati para Pandawa yang dibantu para Panakawan akhirnya segala rintangan dan cobaan dapat dilaluinya. Adegan ini perlu ditampilkan dalam vitrin untuk memberi gambaran.

Source Wayangku Wayang Indonesia
Comments
Loading...