Lakon Pewayangan : Bagian – Bagian dari Kahyangan

0 356

Seperti halnya di dunia manusia, para dewa memiliki tempat bersidang yang bernama Balai Martyukundha Manik, memiliki alun-alun bernama Marepat Kepanasan, dan pintu gerbang masuk kahyangan yang disebut Lawang SelamatangkepSetidaknya ada 2 (dua) hal yang selalu menjadi pertanyaan sekaligus jawaban : ada apa dengan Puncak Suroloyo ? Keempat hal tersebut berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat lampau dan juga yang sekarang :

  1. Dalam lakon pewayangan yang sampai sekarang kita tonton, hampir semua nama tempat yang disebutkan itu sampai sekarang masih ada dan dijadikan nama tempat itu. Tempat-tempat itu adalah :
  • Puncak Suroloyo adalah tempat Batara Guru
  • Repat Kepanasan (Tegal Kepanasan) yaitu tempat rapatnya para dewa. Dan tempat itu memang ada sampai sekarang.
  • Sariloyo, yaitu tempat para dewa menyimpulkan hasil rapat. Tempatnya tinggi kira-kira 200 meter dari repat kepanasan.
  • Kaendran adalah tempat pertapaan para ksatria dalam cerita pewayangan.
  • Pertapaan Mintorogo dalam cerita pewayangan, dan tempat itu sekarang juga masih ada.
  • Sendang Kawidodaren, yaitu tempat para ksatria mandi dan mensucikan diri setelah melakukan pertapaan. Dan tempat itu juga masih ada sekarang.
  1. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tempat-tempat di kawasan Puncak Suroloyo ini telah menginspirasi para pencipta cerita-cerita pewayangan pada ratusan abad lalu. Dan jika benar Kanjeng Sunan Kali Jaga sebagai pencipta cerita-cerita wayang sebagai media dakwah, berarti telah mengenal.
Source Wayangku Wayang Heritage
Comments
Loading...