Lakon Pewayangan : Baladewa Rabi, Peristri Erawati

0 32

Kisah ini menceritakan Wasi Jaladara alias Raden Kakrasana menjadi jago dewa untuk menumpas Prabu Nagaprasanta dan pasukannya. Berkat kemenangan itu, ia mendapat bantuan Batara Indra untuk memenuhi persyaratan yang diajukan Prabu Salya demi memperistri Dewi Erawati. Kisah ditutup dengan pelantikan Raden Kakrasana sebagai raja Mandura, bergelar Prabu Baladewa. Prabu Salya mengajukan syarat untuk pernikahan Dewi Erawati.

Prabu Salya di Kerajaan Mandraka memimpin pertemuan yang dihadiri putra bungsunya, yaitu Raden Rukmarata, beserta para menteri dan punggawa yang dikepalai Patih Tuhayata. Dalam pertemuan itu Prabu Salya membicarakan tentang kekecewaannya, yaitu bukan para Kurawa yang berhasil menemukan hilangnya Dewi Erawati, melainkan Wasi Jaladara dari Gunung Rewataka. Padahal, Prabu Salya berharap putri sulungnya bisa menjadi istri Raden Kurupati, yang merupakan calon pemimpin Kerajaan Hastina, bukannya menjadi istri seorang pendeta miskin semacam Wasi Jaladara.

Raden Rukmarata sependapat dengan sang ayah. Ia juga merasa sayang jika kakak sulungnya sampai menikah dengan seorang pendeta miskin. Ia tidak tega membayangkan Dewi Erawati hidup kekurangan di puncak Gunung Rewataka bersama Wasi Jaladara. Patih Tuhayata ikut menyampaikan pendapat. Ia berkata bahwa Prabu Salya sudah terlanjur bersumpah, barangsiapa bisa menemukan hilangnya Dewi Erawati, maka akan mendapat hadiah, yaitu jika laki-laki akan dinikahkan dengan sang putri, dan jika perempuan akan dipersaudarakan dengannya.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2016/10/baladewa-rabi.html
Comments
Loading...