Lakon Pewayangan : Batara Guru Krama, Menikah

0 240

Sudah diketahui oleh Dewi Uma. Untuk menguji kesaktian Batara Guru, gadis itu mengubah wujudnya menjadi seekor ikan turbah dan terjun ke dasar samudra. Pada awalnya, Batara Guru bingung karena tidak dapat segera menemukan gadis yang dicarinya. Namun setelah mengamalkan kesaktiannya, ia tahu bahwa Dewi Uma sengaja mempermainkan dirinya dengan mengubah wujudnya menjadi ikan di dasar samudra. Batara Guru segera memburu ikan jelmaan Dewi Uma itu di lautan, saat nyaris tertangkap, ikan itu menjelma kembali menjadi seorang gadis yang segera melesat ke angkasa. Batara Guru menyusulnya, terjadi kejar-mengejar di angkasa.

Namun, setiap kali hendak tertangkap, Dewi Uma selalu saja dapat meloloskan diri. Dengan begitu, usaha Batara Guru untuk meringkus gadis cantik yang lincah dan sakti itu selalu gagal. Karena kesal dan penasaran, Batara Guru lalu memohon kepada Sang Hyang Wenang, agar diberi tambahan sepasang tangan supaya dapat menangkap Dewi Uma. Permohonannya terkabul. Seketika itu juga tumbuh dua tangan baru di bahu Batara Guru, sehingga sejak itu, dewa itu bertangan empat.

Setelah bertangan empat, barulah Dewi Uma dapat ditangkap. Sebagai hukuman, karena merasa kesal, Batara Guru mencabut semua kesaktian yang dimiliki Dewi Uma. Batara Guru kemudian meruwat Uma sehingga alat kelamin prianya hilang. Sesudah menjadi wanita yang sempurna, Batara Guru kemudian memperistrinya.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/batara-guru-krama
Comments
Loading...