wayangku.id

Lakon Pewayangan : Bima Racun, dengan Hidangan

0 12

Kisah ini menceritakan Prabu Duryudana menjamu Arya Wrekodara dengan hidangan beracun. Namun, Arya Wrekodara bukannya mati tetapi justru meningkat pesat kekuatannya, yaitu setara dengan seratus gajah. Prabu Duryudana hendak meracun Arya Wrekodara. Prabu Duryudana di Kerajaan Hastina memimpin pertemuan dihadap Resi Druna dari Sokalima, Adipati Karna dari Awangga, Patih Sangkuni dari Plasajenar, serta para Kurawa lainnya yang dipimpin Arya Dursasana.

Dalam pertemuan itu Prabu Duryudana membahas kegagalan Resi Druna dalam upaya menjerumuskan Arya Wrekodara agar tewas. Mula-mula Resi Druna memerintahkan Arya Wrekodara untuk mencari Kayu Gung Susuhing Angin di Gunung Candramuka dengan harapan agar Pandawa nomor dua itu mati dibunuh Ditya Rukmuka dan Ditya Rukmakala. Namun, bukannya mati, Arya Wrekodara justru berhasil meruwat kedua raksasa itu kembali ke wujud dewa, yaitu Batara Indra dan Batara Bayu. Bahkan, Arya Wrekodara juga mendapat hadiah cincin pusaka Sesotya Druwenda Mustika Manik Candrama dari mereka.

Rencana kedua, Resi Druna memerintahkan Arya Wrekodara agar mencebur ke dalam Samudera Minangkalbu untuk mencari air kehidupan Tirta Prawitasari Mahening Suci. Namun, bukannya mati, Arya Wrekodara justru berjumpa dengan guru sejatinya, yaitu Dewa Ruci, dan mendapat pelajaran ilmu Sangkan Paraning Dumadi, Sejatining Urip darinya. Itu berarti, Resi Druna telah gagal menjerumuskan Arya Wrekodara ke dalam maut, dan sebaliknya sukses.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2017/01/bima-racun.html
Comments
Loading...