Lakon Pewayangan : Cinta Rama, Sinta & Rahwana

0 214

Rahwana adalah raja dari kerajaan Alengkadiraja, yang merupakan Negara adidaya yang terkenal dan makmur. Kisahnya berawal dari pembuangan Rama ke hutan, dan dia mengembara ke hutan Dandaka yang diikuti adiknya Laksmana dan Sinta istri Rama, putri Prabu Janaka. Rama yang seharusnya menggantikan ayahnya menjadi raja di kerajaan Ayodya terpaksa harus mengembara di hutan setelah ibu tirinya Kaikeyi mengingatkan janji Dasarata, ayah Rama bahwa yang berhak atas takhta adalah Barata dan Rama harus dibuang selama lima belas tahun.

Selama mengembara di hutan banyak cobaan yang dialami Rama, Laksmana dan Sinta. Mereka bertemu dan harus menghadapi para raksasa yang mengganggu masyarakat di sekitar hutan Dandaka. Salah satu musuh mereka adalah raksesi yang bernama Surpanaka, yang sangat bernafsu menginginkan Rama dan Laksmana untuk menjadi suaminya. Karena jengkel, Laksmana membabat hidung Surpanaka hingga putus. Surpanaka yang merasa malu langsung mengadu kepada kakanya, yang tak lain adalah Rahwana, raja raksasa di Alengkadireja.

Tentu saja Rahwana marah dan beniat untuk balas dendam. Rahwana  kemudian menuju ke tempat dimana Rama, Sinta dan Laksmana. Dengan bantuan Marica, Rahwana berhasil menculik Sinta istri Rama. Burung Jatayu yang berusaha untuk menghalangi Rahwana, tewas oleh senjata Rahwana. Namun ia sempat memberitahu nasib Sinta kepada Rama yang sudah diculik oleh Rahwana (Dasamuka).

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/cinta-segitiga-rama-sinta-rahwana
Comments
Loading...