Lakon Pewayangan : Cinta Wayang Raden Somba

0 40

Raden Somba putra Kresna mengalami nasib yang tragis, ialah cintanya tidak kesampaian. Meskipun ia adalah titisan Batara Derma namun di dunia ia gagal menikahi Dewi Hagnyanawati titisan Batari Dermi. Keduanya yaitu Batara Derma dan Batari Dermi adalah pasangan suami istri saat berada di Khayangan para dewa. Sekarang Hagnyanawati justru diperistri oleh Raden Suteja yang juga bergelar Boma Narakasura. Raja ini adalah saudaranya sendiri satu ayah lain ibu, yang berwatak keras dan memiliki aji-aji Pancasona.

Karena itu diam-diam Raden Somba dan Hagnyanawati sering bertemu untuk bercinta. Namun perbuatan mereka diketahui oleh oleh kakaknya yang langsung mengumbar amarah. Somba pun akhirnya mengalami nasib yang tragis, ia harus mati dengan kondisi tubuh dijuwing-juwing oleh kakaknya. Salahkah Boma yang membunuh adiknya karena menyelingkuhi istrinya? Atau salahkah Somba yang sebagai Batara Derma bermain cinta dengan istri lamanya?

Namun semua pertanyaan itu tidak ada artinya, sebab sang ayah yaitu Bathara Kresna segera menyelesaikannya segalanya. Ia bunuh Si Boma yang dalam mata batinnya berpotensi mengacaukan perang Baratayuda. Lalu ia hidupkan kembali si Somba sebab si anak emas ini yang akan menurunkan trah Yudawa di masa mendatang.

Source Kompas kompasiana.com/rusrusman522/5c6451e712ae9451d946c5a6/wayang-cinta-raden-somba
Comments
Loading...