Lakon Pewayangan : Dewi Kuntulsinanten, Rebutan

0 77

Kisah ini menceritakan seorang putri bernama Dewi Kuntulsinanten yang menjadi rebutan para raja karena memiliki Wahyu Purbalaras. Kisah ini juga menceritakan awal mula Raden Tambakganggeng menjadi patih Kerajaan Amarta, serta awal mula pertemuan Arya Wrekodara dengan para putra Slagahima, yaitu Raden Gagakbaka, Raden Dandangminangsi, Raden Podangbinorehan, dan Raden Jangetkinatelon. Juga diceritakan asal usul Prabu Kalasrenggi, raja raksasa yang kelak muncul di dalam Perang Bratayuda.

Prabu Duryudana mendapat teguran dari Resiwara Bisma. Prabu Duryudana di Kerajaan Hastina dihadap Resi Druna dari Sokalima, Adipati Karna dari Awangga, Patih Sangkuni dari Plasajenar, serta Raden Kartawarma dari Tirtatinalang selaku juru panitisastra. Dalam pertemuan itu hadir pula sesepuh kerajaan, yaitu Resiwara Bisma dari Talkanda. Prabu Duryudana menyambut kedatangan sang kakek dan berkata dengan bangga bahwa ia telah berhasil menjadikan Kerajaan Hastina jauh lebih besar dan disegani daripada saat dipimpin Prabu Pandu Dewanata.

Resiwara Bisma mengucapkan selamat atas keberhasilan Prabu Duryudana mendapatkan pujian dari mancanegara. Namun sayangnya, kebesaran dan ketenaran Kerajaan Hastina tidak sebanding dengan apa yang terjadi di dalam. Resiwara Bisma melihat sendiri hampir dua pertiga rakyat Hastina hidupnya berada di bawah garis kemiskinan. Banyak kaum muda yang tidak memiliki pekerjaan layak, banyak anak-anak yang tidak mampu mengenyam pendidikan dengan baik, serta banyak pula warga.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2017/01/dewi-kuntulsinanten.html
Comments
Loading...