Lakon Pewayangan : Drupadi Minta Bunga Tanjung

0 185

Di tengah perjalanan Pandawa kedatangan Prabu Saladewa dan Prabu Kresna (darah Wresni) disertai prajurit lengkap dengan senjatanya. Semuanya menaruh rasa iba menyaksikan keadaan Pandawa yang kelihatan kurus kering. Lebih-Iebih setelah melihat Dewi Drupadi. Setelah beristirahat, Prabu Saladewa mengajak Pandawa saat itu juga menyerang Kurawa, tetapi Yudhistira dan Kresna menghalanginya. Setelah Saladewa dan Kresna berlalu, Pandawa melanjutkan perjalannya menuju ke gunung Gadamadana.

Ketika hampir sampai di puncak terjadi hujan yang disertai dengan angin ribut. Jalan menjadi licin -dan banyak pohon tumbang kena angin. Segera Bima mengheningkan cipta untuk memanggil putranya Gatotkaca. Seketika Gatotkaca datang dengan disertai beberapa orang raksasa. Bima memerintahkan Gatotkaca menggendong Dewi Drupadi, sedang raksasa yang lain menggendong para Pandawa dan brahmana. Sekejap saja sudah sampai di tempat tujuan.

Pada hari ke enam tinggal di situ, datang angin ribut lagi. Setelah reda, Dewi Drupadi melihat bunga tanjung di dekatnya, maka lalu diambilnya. Meskipun agak layu baunya tetap harum demikian pula warnanya masih bagus. Bima diminta agar mencarikan yang masih segar. Karena Bima sangat sayang kepada Dewi Drupadi, maka dipenuhinya permintaan itu. Dengan senang hati dan percaya diri, Bima berkeyakinan akan dapat menemukan. Ketika sampai di telaga dimana banyak terdapat bunga, Bima lalu terjun, tetapi bunga yang dicari tidak ditemukan. Lalu melanjutkan perjalanan kembali. 

Source bsd.pendidikan.id bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_10smk/Kelas_10_SMK_Pengetahuan_Pedalangan_2.pdf
Comments
Loading...