Lakon Pewayangan : Duryudana Arjuna ke Dwaraka

0 311

Arjuna mengharapkan bantuan Kresna, demikian juga Duryudana. Meskipun yang datang lebih dulu Duryudana, tetapi yang dilihat terlebih dahulu oleh Kresna, Arjuna. Karenanya keduanya akan dibantu. Duryudana diperintahkan supaya memilih dulu bantuan berupa prajurit berjumlah 10.000 lengkap dengan persenjataannya atau memilih dirinya seorang, yang tidak ikut berperang. Hal ini oleh Duryudana dipilih 10.000 prajurit, sebab mengira bahwa prajurit yang banyak akan dapat mengalahkan musuh.

Pilihan ini sangat menggembirakan hati Arjuna, karena justru yang dipilih oleh Arjuna adalah pribadi Kresna yang sangat dibutuhkan oleh Pandawa, karena sebenarnya Batara Kresna adalah penjelmaan Hyang Wisnu, tentu akan memenangkan peperangan. Sang Baladewa memilih untuk tidak berpihak pada salah satu kubu. Duryudana kembali dengan berbunga-bunga hatinya. Sepeninggal Duryudana, Batara Kresna bertanya, apa sebab senang kepada pribadinya.

Arjuna menjawab, bahwa dia lebih memilih pribadinya, karena lebih membutuhkan petunjuk-petunjuk Sang Kresna, daripada banyaknya prajurit. Dan Arjuna ingin kelak dalam perang, dengan naik kereta yang menjadi sais Batara Kresna. Mendengar permintaan itu Kresna sangat gembira hatinya, dan pada peperangan Kresna sanggup menjadi kusir (sais) kereta Arjuna. Setelah itu Arjuna mengajak Batara Kresna berangkat ke Wiratha.

Source bsd.pendidikan.id bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_10smk/Kelas_10_SMK_Pengetahuan_Pedalangan_2.pdf
Comments
Loading...