Lakon Pewayangan : Ganda Wardaya, Cucu Wilawuk

0 166

Di sebuah padepokan Pring Cendani, hiduplah seorang Pendeta Sakti berparas Raksasa Naga bernama Begawan Wilawuk. Ia hidup tentram dan damai bersama putrinya yang cantik jelita bernama Jimambang, serta ketiga cucunya yaitu Gandawardaya, Gandakusuma dan Dewi Wardayawati. Ada sejarah yang harus dibeberkan oleh Jimambang kepada anak-anaknya setelah ketiganya menginjak dewasa, perihal siapa orang tua yang telah mengukir jiwa-raganya.

Dikatakan bahwa orang tua dari ketiga anaknya adalah ksatria tampan dari Madukara yang bernama Wijanarka atau Permadi. Mendapat keterangan perihal orang tuanya, Raden Gandawardaya mewakili kedua adiknya berpamitan meninggalkan pertapaan Pring Gading untuk mencari ayahnya. Namun sayang perjalanan Gandawardaya menyasar di padepokan Sokalima. Tujuan Gandawardaya untuk mencari ayahnya yang bernama Wijanarka atau Permadi tersebut dimanfaatkan oleh Pandita Durna untuk kepentingan tertentu.

Di pisowanan agung, di hadapan para pembesar negeri Hastinapura, Durna dan Raja Doryudana menyusun siasat agar Gandawerdaya diaku sebagai anak dengan syarat jika dapat membunuh Janaka. Karena kepolosan dan kejujurannya, Gandawerdaya belum dapat membaca kepura-puraan serta tipu muslihat yang direncanakan, terutama oleh Durna dan Doryudana. Yang ia kabarkan kepada kedua adiknya, tanpa sepengetahuan Eyang Begawan Wilawuk dan Ibu Jimambang bahwa ia telah menemukan ayahnya yang menjadi raja di Astinapura. Namun sebelum diperkenankan menghadap untuk diakui sebagai anak bersama kedua adiknya, Gandawardaya membunuh.

Source Wayangku Kumpulan Cerita Wayang
Comments
Loading...