Lakon Pewayangan : Gandawardaya, Kemunculan

0 190

Kisah ini menceritakan kemunculan Raden Bambang Gandawardaya dan Raden Gandakusuma, yaitu putra Raden Arjuna yang lahir dari Dewi Jimambang dan Dewi Gandawati. Kisah ini adalah kelanjutan dari lakon Sayembara Tasikmadu. Bambang Gandawardaya ditipu Patuh Sangkuni. Di Kerajaan Hastina, Prabu Duryudana dihadap Patih Sangkuni dari Plasajenar, Danghyang Druna dari Sokalima, Adipati Karna dari Awangga, serta Raden Kartawarma dari Tirtatinalang.

Dalam pertemuan itu, Patih Sangkuni melaporkan bahwa, ia dan para Kurawa baru saja bertemu seorang pemuda bernama Bambang Gandawardaya. Para Kurawa mengira pemuda ini adalah mata-mata musuh dan mereka pun berusaha menangkapnya. Namun, pemuda bernama Bambang Gandawardaya itu ternyata sangat sakti dan mampu mengatasi para Kurawa. Patih Sangkuni lalu bertanya apa yang menjadi tujuan Bambang Gandawardaya memasuki wilayah Kerajaan Hastina.

Bambang Gandawardaya menjawab ia sedang mencari ayah kandungnya yang bernama Raden Premadi. Patih Sangkuni bertanya apakah Bambang Gandawardaya sudah tahu seperti apa wajah ayahnya itu. Bambang Gandawardaya menjawab dirinya sejak masih dalam kandungan sudah ditinggal pergi oleh ayahnya, sehingga tidak pernah tahu seperti apa wajah orang yang bernama Raden Premadi. Mendengar itu, akal licik Patih Sangkuni segera bekerja. Ia pun berkata bahwa Raden Premadi sudah menjadi raja di Kerajaan Hastina, bergelar Prabu Duryudana. Ia lalu mengajak Bambang Gandawardaya untuk menghadap ke istana.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2018/01/gandawardaya.html
Comments
Loading...