Lakon Pewayangan : Gatutkaca Lahir, Ksatria Gagah

0 31

Kisah ini menceritakan lahirnya ksatria gagah perkasa yang namanya terkenal sepanjang masa, yaitu Raden Gatutkaca putra Raden Bimasena. Juga dikisahkan awal mula bertemunya Raden Arjuna dengan Endang Manuhara yang kelak dari pernikahan mereka lahir seorang putri bernama Endang Pregiwa. Putri inilah yang nantinya menjadi jodoh Raden Gatutkaca. Prabu Kalapracona ingin menikahi bidadari Batari Supraba. Tersebutlah seorang raja raksasa bernama Prabu Kalapracona dari Kerajaan Kiskandapura.

Pada suatu malam ia mimpi bertemu bidadari paling cantik di Kahyangan Suralaya, bernama Batari Supraba. Setelah bangun dari mimpinya, Prabu Kalapracona pun dilanda kasmaran dan ingin menjadikan bidadari tersebut sebagai istrinya. Prabu Kalapracona segera menyampaikan niatnya kepada Patih Sekiputantra bahwa dirinya akan pergi ke Kahyangan Suralaya untuk melamar Batari Supraba. Patih Sekiputantra berkata bahwa tidak pantas jika rajanya yang berangkat sendiri ke sana.

Sebagai menteri utama Kiskandapura, ia menawarkan diri untuk mewakili Prabu Kalapracona melamar bidadari tersebut kepada Batara Indra. Prabu Kalapracona setuju dan melepas keberangkatan Patih Sekiputantra. Ia pun berpesan entah bagaimana caranya Patih Sekiputantra harus bisa membawa pulang Batari Supraba, baik dengan cara halus ataupun dengan cara paksa. Demikianlah, Patih Sekiputantra pun berangkat menuju Kahyangan Suralaya dengan didampingi Ditya Abiriwi dan Ditya Wrahandana, beserta pasukan raksasa secukupnya. Batara Indra membicarakan tentang kelahiran raden Tetuka.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2016/12/gatutkaca-lahir.html
Comments
Loading...