Lakon Pewayangan : Gendari Lahir (Lahirnya Gendari)

0 201

Kisah ini menceritakan lahirnya Dewi Gendari yang kelak menjadi istri Adipati Dretarastra dan melahirkan Seratus Kurawa. Pada suatu hari Prabu Kiswara di Kerajaan Gandaradesa dihadap Patih Mandasrawa, Arya Kistawa, dan Arya Prahasana, serta para punggawa lainnya. Arya Kistawa melaporkan bahwa istrinya, yaitu Dewi Kesru baru saja melahirkan bayi laki-laki dan perempuan, dan ia memohon kepada sang kakak supaya memberikan nama kepada mereka. Prabu Kiswara sangat bahagia mendengarnya dan memberi nama untuk kedua keponakannya itu, Raden Gendara dan Dewi Gendari. Makna dari nama tersebut adalah,

putra dan putri yang dilahirkan di Kerajaan Gandaradesa

Ketika Prabu Kiswara hendak membubarkan pertemuan untuk menengok dua keponakannya yang baru lahir, tiba-tiba muncul sesosok makhluk halus yang mengaku bernama Gandarwa Sutibar, utusan Prabu Siswandakala dari Kerajaan Selamangleng. Kedatangan Gandarwa Sutibar adalah untuk menyampaikan surat lamaran dari rajanya yang ingin menikahi Dewi Kesru, istri Arya Kistawa. Arya Kistawa sangat marah dan mengatakan bahwa ia tidak akan menyerahkan istrinya kepada Gandarwa Sutibar.

Ia pun menantang Gandarwa Sutibar supaya melangkahi mayatnya terlebih dahulu jika ingin merebut Dewi Kesru. Gandarwa Sutibar menerima tantangan tersebut dan kemudian undur diri menunggu Arya Kistawa di luar istana. Prabu Kiswara berpesan agar Arya Kistawa berhati-hati menghadapi Gandarwa Sutibar yang berasal dari golongan makhluk halus.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2015/11/gendari-suman-lahir.html
Comments
Loading...