Lakon Pewayangan : Janggan Smarasanta (Hyang Ismaya)

0 267

Ketika Sang Hyang Ismaya diperintah oleh ayahnya, Sang Hyang Tunggal untuk turun ke dunia guna menjadi pamong ksatria berbudi luhur, ia mulanya menggunakan nama Janggan Smarasanta. Ia berkelana sendiri untuk mencari manusia berbudi luhur itu. Namun lama-lama ia merasa kesepian, karena tak seorang pun yang menemaninya. Karena itu Janggan Smarasanta memohon kepada Sang Hyang Tunggal agar diberi kawan dalam perjalanannya untuk menemukan ksatria berbudi luhur itu. Maka Sang Hyang Tunggal pun berkata,

selama ini kamu sudah disertai kawanmu yang setia, yakni bayanganmu

Seketika, bayangan Semar menjelma menjadi sesosok makhluk yang amat mirip dengan dirinya, tetapi lebih kecil. Janggan Smarasanta memberi nama Bagong, dan diakuinya sebagai anak. Mereka berdua lalu meneruskan perjalanan. Tak lama, di sebuah telaga, mereka melihat dua orang ksatria tampan yang sedang berkelahi dengan seru. Janggan Smarasanta kemudian bertanya kepada dua ksatria itu, mengapa mereka berperang tanding. Keduanya pun menjelaskan bahwa masing-masing bernama Bambang Sukadadi dari Padepokan Bluluktiba dan Bambang Presupanyukilan dari Padepokan Kembangsore.

Keduanya adalah ksatria yang amat tampan dan gagah. Kegemarannya sama, yaitu berkelana dari satu kerjaan ke kerajaan lainnya, dari satu hutan ke rimba yang lain. Suatu saat kedua ksatria itu bertemu.Karena masing-masing merasa dirinya paling tampan, mereka pun berkelahi. Ternyata keduanya juga memiliki kesaktian.

Source tokohpewayanganjawa.blogspot.com tokohpewayanganjawa.blogspot.com/2014/06/janggan-smarasanta.html
Comments
Loading...