Lakon Pewayangan : Jayadrata Rabi Dewi Dursilawati

0 34

Kisah ini menceritakan pernikahan Adipati Jayadrata dengan Dewi Dursilawati, satu-satunya anggota Kurawa yang perempuan. Kelak Adipati Jayadrata akan menjadi sekutu penting Prabu Duryudana dalam Perang Bratayuda. Dewi Drupadi telah melahirkan bayi laki-laki. Prabu Puntadewa di Kerajaan Amarta dihadap Arya Wrekodara beserta si kembar Raden Nakula dan Raden Sadewa. Hadir pula Prabu Kresna Wasudewa dari Kerajaan Dwarawati yang datang berkunjung dengan ditemani Arya Setyaki.

Kedatangan Prabu Kresna adalah untuk menengok permaisuri Kerajaan Amarta, yaitu Dewi Drupadi yang baru saja melahirkan bayi laki-laki. Prabu Kresna juga bertanya di mana keberadaan Raden Permadi (Arjuna), mengapa tidak terlihat dalam pertemuan? Prabu Puntadewa menjawab bahwa adiknya tersebut belum pulang ke Kerajaan Amarta sejak pernikahan Prabu Duryudana dengan Dewi Banuwati. Arya Wrekodara ikut bicara menanggapi, bahwa antara Raden Permadi dengan Dewi Banuwati memang ada hubungan asmara.

Pernkahan antara Dewi Banuwati dengan Prabu Duryudana jelas membuat adiknya itu sakit hati dan memilih pergi berkelana tidak jelas entah ke mana. Prabu Puntadewa teringat bahwa Raden Permadi dan Dewi Bratajaya sudah dijodohkan sejak kecil. Saat itu mendiang Prabu Basudewa bersumpah dengan disaksikan Prabu Pandu dan Dewi Kunti, bahwa kelak Raden Permadi dan Dewi Bratajaya jika sudah sama-sama dewasa hendaknya menjadi suami-istri, demi mempererat hubungan kekeluargaan antara Saptaarga dengan Kuntiboja.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2016/12/jayadrata-rabi.html
Comments
Loading...