Lakon Pewayangan : Kangsa Takon Bapa, Permulaan

0 218

Kisah ini menceritakan awal mula Raden Kangsa diterima sebagai putra Prabu Basudewa di Kerajaan Mandura, serta kisah awal mula Prabu Jarasanda mendapatkan takhta Kerajaan Magada dengan jalan membunuh ayahnya sendiri yang bernama Prabu Wrehadrata. Jaka Maruta mencari tahu siapa orang tuanya. Pendeta raksasa Resi Anggawangsa di Gunung Rawisrengga sedang dihadap murid sekaligus anak asuhnya yang bernama Jaka Maruta. Hari itu Jaka Maruta telah berusia tiga belas tahun tetapi badannya gagah perkasa seperti pemuda umur dua puluh tahunan.

Semua ilmu kesaktian yang diajarkan oleh Resi Anggawangsa pun telah tuntas dipelajari olehnya. Hari itu Jaka Maruta memberanikan diri untuk bertanya kepada sang guru tentang siapa sebenarnya orang tua yang telah melahirkannya. Resi Anggawangsa pun bercerita bahwa belasan tahun yang lalu ada seorang raja raksasa bernama Prabu Gorawangsa dari Kerajaan Guagra yang jatuh cinta kepada Dewi Mahirah, istri Prabu Basudewa di Kerajaan Mandura.

Prabu Gorawangsa lalu menyamar menjadi Prabu Basudewa palsu dan mendatangi Dewi Mahirah, sehingga Dewi Mahirah pun mengandung olehnya. Dari kandungan tersebut lahirlah Jaka Maruta. Mendengar itu, Jaka Maruta pun menyimpulkan bahwa ayah dan ibunya adalah Prabu Gorawangsa dan Dewi Mahirah sehingga ia pun mohon pamit untuk berangkat menemui mereka. Namun, Resi Anggawangsa melarangnya, karena Prabu Gorawangsa telah lama meninggal dunia.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2016/07/kangsa-takon-bapa.html
Comments
Loading...