Lakon Pewayangan : Kayu Manik Imandoyo Kumolo

0 461

Lakon Pewayangan Wahyu Kayu Manik Imandoyo Kumolo Sari. Di Negeri Dwarawati menerima tamu dari negeri Trajutrisna Prabu Narakusuma yang berkeinginan mencari wahyu penguat negeri, tetapi belum selesai pembicaraannya muncul Pendeta Durna utusan dari Astina untuk meminjam kaca Paesan (cermin) milik raja Dwarawati untuk melihat dimana wahyu akan diturunkan Dewa. Keinginan Durna tak dikabulkan justru menjadi pertengkaran, yang akhirnya Pendeta Durna dan pengiringnya diusir dari Dwarawati.

Rombongan Pendeta Durna tidak kembali ke Astina, tetapi menghadap Batari Durga di kahyangan Kondowaru untuk menanyakan dimana wahyu berada. Setelah mendapat keterangan Batari Durga, Durna dan rombonganya menuju ke pertapaan Guwa Pintu tempat bersemayamnya Begawan Sukmaningrat. Sementara itu R. Sadewa dihutan bertemu seekor Harimau putih jelmaan Batara Kamajaya yang membeberkan isi teka-teki Begawan Sukmaningrat agar Sadewa mampu menebak dan memiliki wahyu yang akan diturunkan Dewa.

Maka R.Sadewa pergi menuju pertapaan Guwa menghadap Begawan Sukmaningrat dan mengutarakan maksud dan tujuan ia menghadap sang Begawan. Setelah R.Sadewa mampu menjawab teka-teki yang diajukan sang Begawan, akhirnya R.Sadewa berhak menerima wahyu tersebut setelah memberikan wahyu tersebut kepada R.Sadewa, Begawan Sukmaningrat yang ternyata Sang Hyang Wenang kembali ke Kahyangan. Dengan memiliki wahyu, R.Sadewa kembali ke Amarta namun diperjalanan ia bertemu dengan R.Sutejo yang meminta agar wahyu diberikan, tetapi dipertahankan kelahi.

Source kaskus.co.id kaskus.co.id/thread/000000000000000008509235/lakon-kumpulan-cerita-wayang/18
Comments
Loading...