Lakon Pewayangan : Ketika Dewi Srikandi Jatuh Cinta

0 91

Ketika Srikandi Jatuh Cinta

Gagah perkasa, keturunan seorang raja, mempunyai istri tercantik di alam raya dan mendapat julukan Lelananing Jagat, atau pria tertampan di dunia. Tiada yang kurang dari sosok bernama Arjuna, tokoh penengah Pandawa sekaligus suami dari Dewi Wara Sumbadra dan sepupu Sri Kresna yang merupakan penitisan Dewa Wisnu. Namun, sama halnya dengan para dewa di dunia pewayangan, semuanya tiada yang sempurna. Termasuk dengan Arjuna, yang harus jatuh bangun mengejar impiannya: Mempersunting Srikandi.

Srikandi, – berbeda dengan epos asli dari India, yang merupakan Putri ketiga kerajaan Cempalareja terkenal dengan kemahirannya dalam memanah. Meski menyadari bahwa Arjuna telah mempunyai istri yang teramat cantik jelita, Wara Sumbadra. Percintaannya yang terlarang dengan sosok playboy tersebut menjadi bahan pergunjingan khalayak ramai, mulai dari Pandawa, Kurawa hingga para Dewata. Tetapi, karena kisah cinta Arjuna – Srikandi bukan sekadar percintaan lahiriah saja, meski secara normal keduanya saling suka sama suka. Melainkan adanya peranan dari para dewa untuk kemenangan Pandawa di medan perang Kurusetra melawan Kurawa melalui penitisan Dewi Amba.

Source kompasiana.com kompasiana.com/roelly87/5510fd95a333118b37ba937c/tembang-cinta-para-dewi-kisah-cinta-yang-getir-dari-dunia-wayang#
Comments
Loading...