Lakon Pewayangan : Kisah Wayang Arjuna Patah Hati

0 104

Memang ada tokoh wayang yang patah hati? Ada. Siapa? Arjuna. Ya, benar. Arjuna pernah patah hati. Gegara cintanya tak digubris oleh seorang perempuan bernama Dewi Anggraeni. Siapa sebenarnya Dewi Anggraeni yang telah begitu berani menolak cinta Arjuna yang dikenal sebagai  lelananging  jagad  itu? Dewi Anggraeni tak lain dan tak bukan adalah istri dari Bambang Ekalaya alias Palgunadi. Masih ingat kisah Bambang Ekalaya, bukan? Yup, benar.

Bambang Ekalaya, pemuda lugu yang rela memotong jemari tangannya demi memenuhi perintah Maha Guru Durna. Saat itu Mas Bambang Ekalaya ternyata lupa mengatakan bahwa pada jemari tangan yang terpotong itu tersemat cincin pusaka Mustika Ampal. Yang jika terlepas dari dirinya maka ia akan mati. Semua sudah terlanjur terjadi. Begitu jemari terpenggal dan jatuh ke tanah, saat itu juga tubuh Bambang Ekalaya melunglai. Ia terjerembab mencium bumi dan menghembuskan napas terakhir seraya menyebut nama istrinya, Dewi Anggraeni.

Zaman dahulu kala, pasangan suami istri memiliki ikatan batin yang sangat kuat. Meminjam istilah Kangmas saya (ehem), mereka memiliki  liang  sim  yang terjaga dan  chemistry  satu sama lain.

Source kompasiana.com kompasiana.com/elfat67/5aa778c8cf01b44cb519eb93/dongeng-wayang-arjuna-patah-hati
Comments
Loading...