Lakon Pewayangan : Kobaran Api Mengepung Shinta

0 197

Bergaun serba putih dengan rambut tergerai panjang berkelebat dari balik Taman Argasoka. Ya, dialah Dewi Shinta yang akan menjalani “eksekusi” pati obong. Dengan kawalan ketat para prajurit, perempuan itu tampak anggun melenggang menuju tumpukan kayu. Yang terjadi kemudian adalah teriakan dan pekik histeris dari mulut ratusan perempuan begitu tumpukan kayu yang telah disiram bensin itu disulut oleh seorang prajurit. Dalam sekejap, api pun berkobar menjilat dinding langit.

Terdengar ledakan dan suara gemeretak dari pilar-pilar kayu yang terbakar. Alun-alun Alengka panas dan bergetar. Para penduduk terus merangsek dan merapat menuju kobaran api. Dalam benak mereka, tubuh Dewi Shinta telah hangus jadi abu. Teriakan dan pekik histeris kian menjadi-jadi. Sebentar lagi, nama Dewi Shinta akan menjadi bagian dari sejarah masa lalu. Para penduduk Alengka tak bisa menyaksikan lagi aura keanggunan yang selalu memancar dari balik tubuh perempuan molek itu.

Namun, bola mata para penduduk membelalak lebar ketika kobaran api makin menyusut. Mereka menyaksikan tubuh Dewi Shinta tetap segar-bugar, bahkan makin tampak cantik dan memesona. Mereka benar-benar tak percaya menyaksikan pemandangan menakjubkan itu. Mereka hanya bisa terpaku dengan mulut menganga ketika Dewi Shinta menggeliat dan berjalan anggun menuju panggung kehormatan. Penasihat Ramawijaya menyambut kedatangan perempuan suci dan terhormat itu dengan kebahagiaan yang sempurna.

Source Wayangku Wayang Indonesia
Comments
Loading...