Lakon Pewayangan : Kresna Gugah, Membangunkan

0 534
Lakon Pewayangan Kresna Gugah menceritakan Astinapura sedang mengadakan Paseban Agung. Sidang agung ini dipimpin langsung oleh Raja Astina Prabu Kurupati (Suyudono, Duryudono) dengan agenda strategi apa yang akan diterapkan guna memenangkan peperangan baratayuda nanti. Hadir dalam sidang itu antara lain Patih Sangkuni, Pandita Druna yang bermarkas di Sokalima, Prabu Karna dari Awangga, para kurawa dan diundang pula Raja Mandura Prabu Baladewa.
Diantara agenda utama diselingi pembicaraan dan diskusi yang terkait dengan isu – isu masa kini. Dicapailah suatu kesimpulan bahwa di antara Pandawa dan Kurawa siapa yang mampu memboyong Prabu Kresna dan menjadikannya pendamping dalam peperangan, akan memenangkan perang. Setelah keputusan strategi disepakati maka didiskusikanlah apa rencana yang akan dijalankan guna memboyong Prabu Kresna ke Astina. Setelah melalui perdebatan panjang dengan diselingi berbagai interupsi baik yang serius maupun lebih banyak yang cari muka dari para kurawa, Prabu Kurupati setuju dengan usul Pandito Druno bahwa yang paling mungkin untuk membujuk Sri Kresna agar mau memihak Kurawa adalah saudara tua Prabu Kresna sendiri yaitu Prabu Baladewa.
Maka Kurupati pun meminta Prabu Baladewa agar mau membujuk prabu Kresna. Prabu Baladewa menyanggupi pemintaan Prabu Kurupati dengan syarat dia akan pergi sendiri tanpa perlu didampingi oleh satu orangpun dari para Kurawa. Kurupati bersedia dengan syarat ini.
Source Wayangku Wayang Heritage
Comments
Loading...