Lakon Pewayangan : Kunthi Duta (Utusan) Pandhawa

0 216

Waktu itu Raden Bratasena menjadi tawanan musuh yang akhirnya dapat ditolong oleh seorang raseksi (seorang raksasa putri) dari negara Pringgadani yang bernama Dewi Arimbi. Dewi Arimbi sebelum menolong mempunyai permintaan apabila dapat menolong Raden Bratasena ingin sekali diperistri Raden Bratasena, namun Raden Bratasena setelah melihat wajah Dewi Arimbi yang mengerikan tidak mau. Dewi Kunthi melihat peristiwa tersebut segera memberi wejangan kepada Raden Bratasena dan setelah menerima petuah-petuah dari sang ibu, akhirnya Dewi Arimbi diperistri oleh Raden Bratasena.

Buah pernikahan mereka adalah seorang ksatria yang gagah perkasa yaitu raja negara Pringgadani yang bernama Raden Harya Gatutkaca. Petuah lainnya yang mencolok adalah Dewi Kunthi berusaha mencegah perang besar Baratayuda Jayabinangun terjadi, karena peperangan itu dilakukan oleh sesama saudara. Menurut Dewi Kunthi Talibrata peperangan itu hanya akan menyisakan kesusahan dan penderitaan yang sangat panjang yang nantinya banyak orang-orang tidak berdosa akan ikut menanggung kejamnya perang yang maha dahsyat.

Dengan berpendapat demikian, Dewi Kunthi Talibrata kemudian pergi ke Hastinapura sebagai duta/utusan Pandhawa untuk membicarakan berbagai persoalan dengan Kurawa, yang mempunyai tujuan segala sesuatu seyogyanya dibahas dengan kepala dingin berdasarkan cinta damai dan rasa kasih sayang tidak harus melalui kekerasan

Source journal.stitpemalang.ac.id journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/download/45/44
Comments
Loading...