Lakon Pewayangan : Kurawa Menengok Pandawa

0 179

Raja Drestharastra mendengar berita tentang keadaan Pandawa yang sengsara, sangat prihatin dan merasa menyesal tidak mempunyai pendirian teguh. Sebaliknya Duryudana malahan merasa gembira dan ingin melihat sendiri keadaannya, serta akan memperlihatkan betapa besar kekuasaannya sebagai raja. Namun bila hal ini dikemukakan kepada Drestharastra secara terus terang pasti tidak akan diijinkan. Berhubung dengan itu, dengan terselubung, Duryudana memohon akan melihat hewan peliharaan yang ada di dekat situ.

Permohonan itu diijinkan Drestharastra. Kurawa kemudian berangkat disertai pasukan dengan persenjataan lengkap. Ketika Kurawa sampai di dekat Dwetawana, dihadang oleh prajurit gandarwa yang tengah menjaga, maka terjadilah peperangan. Pihak Kurawa kalah sedang Duryudana ditahan. Kurawa akan meminta pertolongan pada Pandawa. Yudhistira merasa kasihan pada Kurawa, maka menyuruh adiknya agar membebaskan Duryudana. Bima berkata bahwa sudah semestinya Duryudana ditahan gandarwa, karena mempunyai niat jahat, maka tidak perlu ditolong.

Tetapi oleh karena Bima sangat menghormati saudara tuanya, Bimapun bersedia menyerang gandarwa. Akhirnya gandarwa kalah dan Duryudana dilepas. Kejadian itu memang sudah direncanakan oleh Hyang Indra, agar Citrasena yang menyamar sebagai gandarwa dapat menghalangi niat jahat pihak Kurawa.

Source bsd.pendidikan.id bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_10smk/Kelas_10_SMK_Pengetahuan_Pedalangan_2.pdf
Comments
Loading...