Lakon Pewayangan : Lahirnya Wayang Adipati Karna

0 77

Entah kesambet setan apa para ABG itu kok mau-maunya nonton wayang orang, mungkin mereka bosan liat hiburan yang terlalu mainstream. Layar dibuka, penonton sudah menanti sambil ngemil kacang goreng, pentol, cilok, kuaci, rengginang hingga rempeyek laron… Dewi Kunti yang diperankan oleh Paijem tampak kebingungan. Ia hamil akibat mencoba-coba mantra Adityaredhaya yang diberikan oleh Resi Druwasa. Mantra itu dapat memanggil dewa dan meminta berkah dari dewa.

Suatu pagi ia merasakan hangat sinar mentari, ia merapalkan mantra tersebut sambil membayangkan dewa surya. Tiba-tiba muncullah dewa surya yang gagah dan tampan dihadapannya. Akhirnya apa yang terjadi terjadila. Ia hamil tanpa suami. Prabu Basukunti  ikut bingung karena anaknya hamil diluar nikah. Apa kata orang nanti jika mengetahui bahwa Kunti yang punya nama lain Prita itu hamil padahal sebentar lagi akan diadakan sayembara untuk mendapatkan Dewi Kunti yang salah juga akan diikuti oleh Pandu Dewanata Raja Astina.

Prabu Basukunti meminta pertanggungjawaban pada Resi Druwasa yang telah ngajarin anaknya mantra pemanggil dewa tersebut. Resi Druwasa menyanggupi permintaan Prabu Basukunti dengan berjanji akan membantu proses kelahiran anak Dewi Kunti.

Source nasional.kompas.com kompasiana.com/jagatawangawang/551b79f8813311e5169de7a7/wayang-sukasuka-lahirnya-adipati-karna#
Comments
Loading...