Lakon Pewayangan : Lakon Carangan pada Wayang

0 53

Dalam kisah pewayangan yang ada di Jawa dikenal adanya lakon carangan. Lakon carangan ini menunjuk pada judul cerita, jalan cerita pewayangan atau alur cerita dan tokoh yang dimunculkan. Baik judul, alur cerita maupun tokoh yang diciptakannya, semuanya tetap menginduk atau merujuk pada lakon yang asli atau

babon

Lakon carangan ini adalah hasil karya para pujangga dan ahli pewayangan di tanah Jawa. Dalam kurun waktu yang sangat panjang, terjadi penambahan dan perubahan akan tokoh pewayangan dengan disesuaikan terhadap situasi dan kondisi masyarakat. Munculnya tokoh Drupadi misalnya, telah diubah menjadi isteri Yudistira. Padahal dalam kisah Mahabharata yang versi India, Drupadi atau Pancali ini adalah isteri dari kelima Pandawa. Poliandri diubah menjadi monogami.

Cerita wayang atau lakon Dewa Ruci, misalnya, juga merupakan karya asli dari Jawa. Tokoh pewayangan yang muncul dan benar-benar merupakan asli produk orang Jawa adalah tokoh “punakawan”, yaitu Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Juga tokoh seperti Togog dan Mbilung. Selain itu ada Dewa Ruci, Raden Wisanggeni (anak Arjuna) dan Raden Antareja (anak Bima).

Source kompasiana.com kompasiana.com/jatikumoro/56264828919773080c155c22/lakon-carangan-dalam-wayang-jawa
Comments
Loading...