Lakon Pewayangan : Lesmana Mandrakumara Lahir

0 53

Kisah ini menceritakan kelahiran Raden Lesmana Mandrakumara, yaitu putra Prabu Duryudana yang diselundupkan Raden Arjuna ke dalam Kerajaan Hastina kepada Dewi Banuwati. Adapun bayi yang dilahirkan Dewi Banuwati sebenarnya berkelamin perempuan, dan oleh Raden Arjuna dititipkan kepada istrinya yang bernama Endang Manuhara, untuk diasuh dan diberi nama Endang Pregiwati, serta dipersaudarakan dengan Endang Pregiwa yang lebih dulu lahir.

Kelak Raden Lesmana Mandrakumara menjadi musuh para putra Pandawa, terutama Raden Abimanyu dan Raden Gatutkaca. Prabu Duryudana mencurigai kehamilah Dewi Banuwati. Prabu Duryudana di Kerajaan Hastina dihadap para menteri dan punggawa, sedang membicarakan kehamilan sang permaisuri Dewi Banuwati, yang saat ini sudah mencapai usia sembilan bulan. Namun sejujurnya, Prabu Duryudana merasa ada yang mengganjal dalam hati tentang kehamilan istrinya itu.

Patih Sangkuni yakin arah pembicaraan Prabu Duryudana pasti menjurus ke masalah pribadi. Ia merasa tidak pantas jika persoalan aib rumah tangga sang raja sampai didengar oleh banyak orang. Untuk itu, Patih Sangkuni segera membubarkan para menteri dan punggawa lainnya agar mereka segera keluar meninggalkan balai penghadapan. Kini yang tertinggal hanyalah orang-orang kepercayaan Prabu Duryudana saja yang masih menghadap, yaitu Resi Druna, Adipati Karna, Patih Sangkuni, dan Raden Kartawarma. Prabu Duryudana pun melanjutkan pembicaraan. Sejak awal menikah ia sudah mendengar desas-desus tentang asmara.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2017/02/lesmana-mandrakumara-lahir.html
Comments
Loading...