Lakon Pewayangan : Lihat Sie Jin Kwie Negri Sihir

0 42

Pertama-tama menyambut adalah alunan musik dan tembang yang lebih mirip dengan pertunjukan wayang dalam Bahasa Indonesia.

Setting panggung memang menggunakan model Cina yang kental, Warna merah mendominasi frame panggung.Namun setting cerita dan juga babak-demi babak kisah Sie Jin Kwie ini diatur sedemikian rupa sehingga penonton disuguhkan sebuah campuran yang harmonis dan mengalir lugas antara opera Cina, wayang beber, wayang orang dan juga wayang potehi. Selain itu ditampilkan juga wayang Tavip dan bahkan juga wayang kulit CIna Jawa yang konon sudah hampir punah sejak jaman orde Baru.

Menononton serial terakhir Trilogi Sie Jin Kwie ini, menjadi demikian asyik, karena kita akan dipandu oleh seorang dalang yang seakan-akan bercerita kepada seluruh penonton. Sang dalang diperankan dengan apik sekali oleh Budi Ros.

Pertunjukan dalam setiap babak diskenariokan dengan ciamik menggunakan kombinasi cerita sang dalang dan wayang tavip. Wayang Tavip sendiri merupakan kreasi M Tavip dimana tokoh wayang dibuat dari limbah plastik bekas minuman air mineral. Penggunaan narasi dalang dan wayang Tavip ini sangat bermanfaat untuk menyingkat cerita yang kalau semuanya dimainkan oleh pemain bisa memakan waktu lebih panjang lagi dibandingkan dengan pertunjukan yang sudah memakan waktu lebih dari empat jam ini.

Source kompasiana.com kompasiana.com/ratnadewi/550e7631813311882cbc63f2/sie-jin-kwie-di-negri-sihir-menonton-wayang-cinajawa-sampai-pagi#
Comments
Loading...