Lakon Pewayangan : Lima Dewa Lahir, Putra Guru

0 226

Kisah ini menceritakan kelahiran lima putra Batara Guru dari hasil pernikahan dengan Batari Uma atau Dewi Umayi. Mereka adalah Batara Sambu, Batara Brahma, Batara Indra, Batara Bayu, dan Batara Wisnu. Kisah dilanjutkan dengan pertempuran pasukan dewata melawan Prabu Kalamercu yang mengakibatkan Batara Guru menderita cacat kaki kirinya, serta dikisahkan pula para dewa menyerang Kerajaan Bani Israil. Kelahiran empat putra Batara Guru.

Tepat setahun setelah perkawinan Batara Guru dengan Batari Uma lahirlah seorang putra yang diiringi dengan gempa bumi melanda banyak tempat. Putra pertama itu diberi nama Batara Sambu, yang kemudian dimandikan dengan air keabadian Tirtamarta Kamandanu sehingga langsung tumbuh menjadi dewasa seketika. Dua tahun kemudian Batari Uma melahirkan lagi seorang putra yang diiringi dengan letusan gunung berapi di banyak tempat. Putra kedua itu diberi nama Batara Brahma, yang kemudian dimandikan dengan Tirtamarta Kamandanu sehingga langsung berubah dewasa.

Dua tahun berikutnya Batari Uma melahirkan seorang putra yang diiringi dengan hujan petir dan banjir besar melanda di banyak tempat. Putra ketiga itu diberi nama Batara Indra, yang kemudian dimandikan dengan Tirtamarta Kamandanu pula sehingga langsung berubah dewasa seketika. Dua tahun setelah itu, Batari Uma kembali melahirkan seorang putra yang diiringi dengan angin topan dan badai melanda di banyak tempat bernama Batara Bayu.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2014/05/lima-dewa-lahir.html
Comments
Loading...