Lakon Pewayangan : Luka Hati Dewayani, Kisah Gadis

0 52

Luka Hati Dewayani

Berkisah mengenai seorang gadis bernama Dewayani, yang tinggal bersama Ayahnya, Begawan Sukro, seorang tokoh pertapa sakti mandraguna sekaligus musuh para Dewata. Keduanya bernaung di kerajaan raksasa Wrishaparwa, yang berperang dengan para dewa di khayangan Suralaya. Begawan Sukro, mempunyai kedudukan sangat tinggi melebihi sang raja raksasa sendiri, karena mempunyai ilmu ghaib Sanjiwani, yang mampu menghidupkan orang mati.

Sayang, beda Ayah dan juga anaknya, Dewayani yang bernasib tragis dalam percintaan. Benih-benih cintanya dengan Kacha, seorang pangeran utusan dewata sekaligus musuh Ayahnya semakin menjadi-jadi. Tulusnya cinta Dewayani yang putih bersih ternyata tidak diimbangi oleh Kacha, yang beberapa kali ketahuan berbuat serong, justru bersama Sarsmitha, putri raja Wrishaparwa. Ketika api asmara mulai terjalin diantara ketiganya secara berlainan, naas untuk Dewayani. Karena ia harus merelakan dikhianati oleh suami tercinta, sekaligus kawan terdekatnya, Sarsmitha. Hingga dengan perasaan mendalam, harus merelakan keduanya berpautan asmara, walau dalam diri Dewayani terluka.

Source kompasiana.com kompasiana.com/roelly87/5510fd95a333118b37ba937c/tembang-cinta-para-dewi-kisah-cinta-yang-getir-dari-dunia-wayang
Comments
Loading...