Lakon Pewayangan : Mandaraka (Putra – Putri Mandaraka)

0 121

Sebenarnya kerajaan Mandaraka merupakan saudara dekat para Pandawa. Karena moyang Kerajaan Mandaraka dan Pandawa Kurawa adalah dari satu moyang. Begawan Sekutrem dari Ukirahtawu yang beristri dengan Dewi Nilawati, mempunyai dua orang putra. Bambang Sayati yung menurunkan raja raja Mandaraka, sedangkan Bambang Sakri yng menurunkan Pandawa Kurawa. Kerajaan Mandaraka mulai kita kenal sejak rajanya yang bernama Prabu Mandrapada dan Permaisurinya bernama : Dewi Ayutamayi, memiliki seorang putra satu orang anak laki laki bernama Mandrapati.

Namun sebelunnya kita mengingat masa jauh kebelakang, bahwa di negeri  ini, sebelum ada Kerajaan Manda raka, ada sebuah negeri yang bernama Madras, sebuah negeri yang akan menjadi cikal bakal Kerajaan Man daraka.. Kerajaan Madras, mengingatkan sebuah kisah tentang pengorbanan dan kesetiaan seorang wanita kepada suaminya. Ceritanya dapat dinikmati dalam kisah “Pengorbanan dan kesetiaan tiga wanita”, yaitu  kisah tentang kesetiaan sseorang istri, yaitu Dewi Sawitri kepada suaminya, Satyawan, Yang ternyata menjadikan suri teladan wanita wanita Mandaraka. Bergabunglah dengan  Pengorbanan dan kesetiaan tiga wanita”.

Setelah Mandrapati dewasa, ia diangkat menjadi raja, menggantikan  Prabu Mandradipa, dengan bergelar Prabu Mandrapati, Prabu Mandrapati memiliki seorang Permaisuri bernama Dewi Tejawati. Baiklah sudah banyak cerita yang telah disampaikan mengenai riwayat raja raja Mandaraka, maka kami hanya akan membuat silsilah Raja Raja Mandaraka saja. Prabu Mandrapati

Source Wayangku Wayang Heritage
Comments
Loading...