wayangku.id

Lakon Pewayangan : Mbangun Taman Maherakaca

0 21

Kisah ini menceritakan tentang sayembara membangun kembali Taman Maherakaca dalam waktu semalam untuk memperebutkan Dewi Srikandi putri Prabu Drupada. Sayembara ini diikuti oleh Resi Druna dan Raden Arjuna, serta dikisahkan pula tetang kematian Raden Supali, adik Prabu Supala. Pada umumnya sayembara ini dimenangkan oleh Raden Arjuna. Namun, dalam kisah kali ini saya menceritakan Raden Arjuna mengikuti sayembara tersebut dalam penyamarannya sebagai Tumenggung Cakranegara.

Raden Arjuna menghilang dari ksatrian Madukara. Prabu Puntadewa di Kerajaan Amarta dihadap kedua adik kembarnya, yaitu Raden Nakula dan Raden Sadewa, serta Patih Tambakganggeng dan Raden Gatutkaca. Hadir pula dua sepupu para Pandawa, yaitu Prabu Kresna Wasudewa dari Kerajaan Dwarawati dan Prabu Baladewa dari Kerajaan Mandura. Kedua raja itu datang ke istana Indraprasta untuk sekalian mengajak Prabu Puntadewa pergi bersama menuju Kerajaan Cempalareja.

Rupanya mereka telah mendapatkan undangan dari Prabu Drupada untuk mengikuti sayembara membangun Taman Maherakaca yang telah hangus terbakar oleh perbuatan Resi Dewangkara beberapa waktu yang lalu. Prabu Puntadewa menjelaskan dirinya juga mendapat undangan serupa dari sang mertua. Ia bercerita bahwa pada mulanya Dewi Srikandi pergi tanpa pamit untuk berguru ilmu panah kepada Raden Arjuna di Kesatrian Madukara. Setelah lulus, ia pun kembali ke Cempalareja dan berhasil menewaskan Prabu Jungkungmardeya, yaitu raja Paranggubarja yang melamarnya.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2017/03/bangun-taman-maherakaca.html
Comments
Loading...