Lakon Pewayangan : Nagatatmala Larikan Mumpuni

0 163

Kisah ini menceritakan tentang Raden Nagatatmala putra Batara Anantaboga yang berani melarikan Dewi Mumpuni, istri Batara Yamadipati pada saat Kahyangan Suralaya menghadapi serbuan Prabu Karungkala, penjelmaan Batara Kalakutana. Raden Nagatatmala dan Dewi Mumpuni akhirnya mendapatkan perlindungan Prabu Wisnupati di Kerajaan Purwacarita. Anak Batara Kala menjadi raja Medang Penataran. Setelah Prabu Wisnupati membongkar penyamaran Batara Arnapurna dalam wujud Ratu Kresnawatari, Kerajaan Medang Penataran menjadi kosong dan rusak karena tidak ada lagi yang bertakhta di sana.

Batara Kala lalu mengutus Batara Kalakutana (putranya) dan Resi Pulaha (menantunya) untuk membangun kembali Kerajaan Medang Penataran dan membalas dendam kepada para dewa atas kematian Prabu Watugunung. Batara Kalakutana dan Resi Pulaha lalu membangun istana Medang Penataran yang baru di Desa Sepang. Setelah istana itu berdiri megah, Batara Kalakutana pun menjadi raja di sana dengan bergelar Prabu Karungkala, sedangkan Resi Pulaha menjadi menteri utama bergelar Patih Kalawerdati.

Prabu Karungkala menyerang khayangan Suralaya. Prabu Karungkala kemudian mengutus Patih Kalawerdati naik ke Kahyangan Suralaya untuk melamar tujuh bidadari unggulan, yaitu Batari Supraba, Batari Wilotama, Batari Warsiki, Batari Surendra, Batari Gagarmayang, Batari Irimirim, dan Batari Tunjungbiru. Lamaran tersebut secara tegas ditolak oleh Batara Indra. Namun demikian, justru inilah yang menjadi bagian dari rencana Prabu Karungkala. Penolakan terhadap lamaran tersebut.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2014/11/nagatatmala-mumpuni.html
Comments
Loading...