wayangku.id

Lakon Pewayangan : Narayana Begal, Petualangan

0 14

Kisah ini menceritakan petualangan Raden Narayana sebagai berandal budiman yang merampok harta para pejabat korup untuk dibagi-bagikan kepada rakyat miskin. Kisah disambung dengan kelahiran Raden Supala yang kelak memusuhi Prabu Kresna, serta pernikahan Raden Narayana dengan Endang Jembawati. Prabu Baladewa memarahi raden Narayana yang suka merampok. Prabu Baladewa di Kerajaan Mandura dihadap kedua adiknya, yaitu Raden Narayana dan Dewi Sumbadra, serta para menteri dan punggawa, antara lain Patih Pragota, Arya Prabawa, dan Arya Udawa.

Dalam pertemuan itu Prabu Baladewa membicarakan tentang kekecewaannya terhadap Raden Narayana. Akhir-akhir ini sering terdengar laporan tentang adanya begal bernama Brandal Guwenda yang suka merampok para pejabat penarik pajak. Entah sudah berapa banyak uang setoran untuk kas negara Mandura yang hilang direbut begal tersebut. Namun, sungguh mengejutkan ketika Brandal Guwenda berhasil ditangkap, ternyata ia tidak lain adalah Raden Narayana sendiri.

Prabu Baladewa marah-marah menuduh Raden Narayana telah mengacaukan pemerintahannya dengan bertindak sebagai begal. Raden Narayana dituduh telah merugikan negara dan pantas mendapatkan pidana. Seorang pangeran adik raja yang seharusnya menjadi pengayom rakyat justru menjadi pencuri dan pembuat kekacauan yang meresahkan masyarakat. Dana pajak yang seharusnya digunakan untuk pembangunan telah direbutnya untuk berfoya-foya sendiri. Raden Narayana menjawab bahwa dirinya memang telah menjadi begal, bukan untuk tujuan berfoya-foya.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2016/11/narayana-begal.html
Comments
Loading...