Lakon Pewayangan : Pamuksa (Perang Pamuksa)

0 203

Perang besar antara Kerajaan Hastina melawan Kerajaan Pringgadani yang disebut dengan istilah Perang Pamuksa. Dalam perang ini Prabu Tremboko tewas, sedangkan Prabu Pandu terluka di paha, dan kelak ini menjadi penyebab kematiannya. Dewi Madrim mengidam naik Lembu Andini. Prabu Pandu Dewanata di Kerajaan Hastina memimpin pertemuan yang dihadiri oleh Adipati Dretarastra, Dewi Gandari, Resi Krepa, dan Patih Sangkuni. Dalam pertemuan itu mereka membahas tentang hubungan antara Kerajaan Hastina dan Kerajaan Pringgadani yang belum juga membaik, bahkan semakin memburuk.

Patih Sangkuni bahkan melaporkan tentang para prajurit perbatasan yang sering terlibat bentrokan dengan para raksasa Pringgadani yang berusaha menyerang masuk ke wilayah Hastina. Selain permasalahan dengan Kerajaan Pringgadani, Prabu Pandu juga sedang pusing memikirkan istri keduanya, yaitu Dewi Madrim yang sedang mengandung lima bulan. Akhir-akhir ini, Dewi Madrim sering merengek meminta hal yang sangat aneh, yaitu ia ingin bertamasya bersama Prabu Pandu dengan mengendarai Lembu Andini.

Padahal, semua orang tahu bahwa Lembu Andini adalah sapi kahyangan, kendaraan pribadi Batara Guru sang raja dewa. Demikianlah, Prabu Pandu merasa bingung mengatasi masalah ini. Pada saat Kerajaan Hastina sedang sibuk menghadapi perselisihan dengan Kerajaan Pringgadani, tiba-tiba saja Dewi Madrim meminta hal yang aneh seperti itu. Dalam hal ini Prabu Pandu merasa bimbang mana yang didulukan.

Source Wayangku Wayang Heritage
Comments
Loading...