Lakon Pewayangan : Pandu Lahir, Kelahiran Putra

0 191

Kisah ini menceritakan kelahiran putra-putra Prabu Kresna Dwipayana, yaitu Raden Kuru (Dretarastra), Raden Pandu (Dewayana), dan Raden Widura (Yamawidura). Juga dikisahkan tentang Prabu Cidamuka raja Srawantipura yang berniat menjadikan Raden Pandu sebagai tumbal untuk meredakan wabah penyakit yang sedang melanda negerinya. Dewi Ambika melahirkan bayi tunanetra. Prabu Kresna Dwipayana di Kerajaan Hastina dihadap Resiwara Bisma dari Padepokan Talkanda, serta para menteri dan punggawa, antara lain Resi Jawalagni dan Patih Jayayatna.

Mereka sedang membicarakan kedua janda mendiang Prabu Citrawirya, yaitu Dewi Ambika dan Dewi Ambalika yang telah dinikahi Prabu Kresna Dwipayana dan kini masing-masing sedang mengandung. Menurut perkiraan Sang Prabu, tidak lama lagi kedua permaisuri tersebut akan segera melahirkan. Benar juga, ketika mereka sedang membicarakan masalah tersebut, tiba-tiba muncul sang ibu suri yaitu Dewi Durgandini yang mengabarkan bahwa Dewi Ambika sudah melahirkan.

Prabu Kresna Dwipayana segera membubarkan pertemuan dan bergegas masuk ke dalam kedaton bersama Resiwara Bisma. Sesampainya di dalam kedaton, Prabu Kresna Dwipayana segera menemui Dewi Ambika yang sedang bersama bayi yang baru saja dilahirkannya. Bayi tersebut berkelamin laki-laki dan setelah diperiksa ternyata bermata buta. Dewi Durgandini dan Resiwara Bisma prihatin mendengarnya. Prabu Kresna Dwipayana pun menjelaskan bahwa kelahiran bayi tunanetra ini sudah menjadi suratan takdir, karena Dewi Ambika merem.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2016/03/pandu-lahir.html
Comments
Loading...