wayangku.id

Lakon Pewayangan : Parta Krama (Arjuna Menikah)

0 12

Kisah ini menceritakan pernikahan antara Raden Permadi (Arjuna) dengan Dewi Bratajaya (Sumbadra). Pernikahan tersebut dapat terlaksana apabila segala persyaratan yang diajukan Prabu Baladewa dapat terpenuhi. Dari pernikahan ini kelak akan lahir seorang putra yang terkenal sepanjang masa, yaitu Raden Abimanyu. Prabu Baladewa ingin menikahkan Dewi Bratajaya dengan Raden Burisrawa. Prabu Kresna Wasudewa di Kerajaan Dwarawati dihadap para menteri dan punggawa yang dipimpin oleh Arya Setyaki dan Patih Udawa.

Dalam pertemuan itu datang pula sang kakak, yaitu Prabu Baladewa dari Kerajaan Mandura. Prabu Kresna menyambut kedatangan kakaknya itu dan mereka saling bertanya kabar antara satu sama lain. Prabu Baladewa juga menanyakan kabar sang adik bungsu, yaitu Dewi Bratajaya. Sejak peristiwa turunnya Wahyu Purbasejati, Dewi Bratajaya tidak lagi pulang ke Kerajaan Mandura tetapi menetap di istana Dwarawati, tepatnya di Taman Banoncinawi.

Prabu Baladewa bertanya kapan kiranya adik bungsunya itu dinikahkan, karena usianya sudah cukup pantas untuk berumah tangga. Jika memang belum ada calon suami yang cocok, maka Prabu Baladewa siap untuk mencarikan jodoh. Prabu Kresna mengingatkan sang kakak bahwa adik mereka sudah memiliki calon suami, yaitu Raden Permadi, kesatria Pandawa. Dulu ketika keduanya sama-sama lahir, mendiang Prabu Basudewa pernah bersumpah agar mereka kelak dinikahkan setelah dewasa. Sumpah tersebut disaksikan oleh Prabu Pandu.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2017/01/parta-krama.html
Comments
Loading...