Lakon Pewayangan : Pernikahan Raden Gatutkaca

0 191

Kisah ini menceritakan tentang pernikahan antara Raden Gatutkaca putra Arya Wrekodara dengan Endang Pregiwa putri Raden Arjuna. Prabu Duryudana hendak menikahkan Raden Lesmana Mandrakumara dengan Endang Pregiwa. Di Kerajaan Hastina, Prabu Duryudana memimpin pertemuan dengan dihadap Danghyang Druna dari Padepokan Sokalima, Adipati Karna dari Awangga, Patih Sangkuni dari Plasajenar, dan Raden Kartawarma dari Tirtatinalang.

Hari itu Prabu Duryudana membicarakan tentang Raden Lesmana Mandrakumara, putranya yang jatuh cinta kepada Endang Pregiwa, putri Raden Arjuna. Beberapa bulan yang lalu, Raden Abimanyu dan Raden Lesmana Mandrakumara bersaing memperebutkan Dewi Sitisundari, putri Prabu Kresna di Kerajaan Dwarawati. Persaingan tersebut dimenangkan oleh Raden Abimanyu yang berhasil mendapatkan dua gadis desa yang berwajah mirip tetapi bukan saudara kembar sebagai syarat pernikahan.

Mereka adalah Endang Pregiwa dan Endang Pregiwati yang ternyata adalah putri Raden Arjuna dengan Endang Manuhara. Karena kalah dalam persaingan, Raden Lesmana Mandrakumara sangat kecewa, tetapi perhatiannya kemudian beralih kepada Endang Pregiwa dan Endang Pregiwati. Ia pun meminta kepada Prabu Duryudana untuk melamarkan salah satu dari mereka. Dewi Banuwati menyarankan agar Endang Pregiwa saja yang dilamar, jangan Endang Pregiwati. Prabu Duryudana setuju pada usulan sang istri. Akan tetapi, kemudian terdengar kabar bahwa Endang Pregiwa akan menikah dengan sepupunya sendiri, yaitu Raden Gatutkaca, putra Arya Wrekodara.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2017/08/gatutkaca-rabi.html
Comments
Loading...