Lakon Pewayangan : Pesta Pernikahan Para Batara

0 15

Waktu-waktu selanjutnya, para penghuni Kayangan Suralaya menggelar pesta-pesta meriah untuk pernikahan para Batara, yang beranak-pinak mewarnai Jagat Tribuana. Dimulai dari pernikahan Batara Narada dengan Dewi Wiyodi, putri Sanghyang Pancaresi, yang diberkati sepasang keturunan, Dewi Kanekawati dan Batara Malangdewa. Berikutnya putra sulung Batara Guru, Batara Sambu yang menikah dengan putri bungsu Sanghyang Nioya, Dewi Hastuti.

Mempunyai empat orang putra, mereka bernama; Batara Sambusa, Sambawa, Sambujana, dan Sambudana. Sementara itu putra kedua Batara Guru, Batara Brahma menikahi tiga bidadari putri Sanghyang Nioya, yang bernama; Dewi Saci, Dewi Saraswati, dan Dewi Rarasyati. Batara Brahma dikaruniai 21 putra-putra dari ketiga istrinya. Dari Dewi Saci bernama; Batara Maricibrahma, dan Batara Naradabrahma. Dari Dewi Saraswati bernama; Batara Brahmanasa, Brahmasadewa, Brahmanarakanda, dan Brahmanaresi.

Dari Dewi Rarasyati bernama; Dewi Brahmani, Brahmanistri, Batara Brahmaniskala, Brahmaniyara, Dewi Brahmanasita, Brahmaniyari, Brahmaniyodi, Batara Brahmanayana, Brahmaniyata, Brahmanasatama, Dewi Brahmaniyekti, Brahmaniyuta, Dresnala, dan Dresnawati. Pernikahan berikutnya adalah pernikahan sang penjaga Taman Sri Wedari, Batara Indra dan Dewi Wiyati putri Sanghyang Nioya. Mereka dikaruniai beberapa putra-putri, bernama; Dewi Tara, Tari, Batara Citrarata, Citragana, Jayantaka, Jayantara, dan Harjunawangsa. Dan putra terkuat Batara Guru, Batara Bayu menikah dengan Dewi Sumi putri Batara Soma, cucu Sanghyang Pancaresi. Mempunyai empat orang putra yang bernama; Batara Sumarma, Sangkara, Sadarma, dan Bismakara.

Source kompasiana.com kompasiana.com/jannuary/5a57a37b5e13733c1c3a4782/wayang-saga-series-episode-24
Comments
Loading...