Lakon Pewayangan : Prabu Gambiranom, Lamaran

0 175

Kisah ini menceritakan Bambang Irawan, putra Raden Arjuna, yang menjadi raja di Kerajaan Ngrancangkencana, dengan ditemani Raden Antareja. Juga diceritakan Prabu Kresna menjodohkan Bambang Irawan dengan putrinya yang bernama Dewi Titisari. Prabu Kresna mendapat surat lamaran dari Prabu GambiranomPrabu Kresna Wasudewa di Kerajaan Dwarawati memimpin pertemuan yang dihadiri sang putra mahkota Raden Samba Wisnubrata dari Paranggaruda, Arya Setyaki dari Swalabumi, dan Patih Udawa dari Widarakandang.

Hadir pula sang kakak dari Kerajaan Mandura, yaitu Prabu Baladewa beserta Patih Pragota dan Arya Prabawa. Ketika kedua raja kakak-beradik tersebut saling bertanya kabar, tiba-tiba muncul seorang laki-laki yang mengaku berasal dari Kerajaan Ngrancangkencana, bernama Patih Jayasentika. Laki-laki itu datang untuk menyampaikan surat dari rajanya yang bernama Prabu Gambiranom kepada Prabu Kresna. Prabu Kresna menerima surat itu dan membaca isinya.

Dalam surat tersebut Prabu Gambiranom memperkenalkan dirinya sebagai raja Ngrancangkencana yang masih muda belia dan belum memiliki permaisuri. Untuk itu, ia bermaksud meminang putri Prabu Kresna yang bernama Dewi Sitisundari sebagai istri. Prabu Kresna lalu bertanya kepada Patih Jayasentika bagaimana rupa dan kesaktian Prabu Gambiranom tersebut. Patih Jayasentika berkata bahwa Prabu Gambiranom memang benar masih muda belia namun sangat sakti. Dengan kesaktiannya itu, Prabu Gambiranom telah merebut takhta Kerajaan Ngrancangkencana dari tangan Patih Jayasentika.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2017/10/prabu-gambiranom.html
Comments
Loading...