Lakon Pewayangan : Saat Kangmas Petruk Jadi Ratu

0 42

Raden Bambang Pecrukpanyukilan sosoknya memang gagah, wajahnya tampan rupawan. Selain itu ia juga sakti mandraguna. Ayahandanya seorang Begawan bernama Salantara yang tinggal di pertapaan dasar laut. Konon karena merasa bosan Raden Bambang Pecrukpanyukilan memutuskan pergi meninggalkan pertapaan, melanglang buana untuk menguji kesaktian yang dimilikinya. Maka berangkatlah ia hari itu juga. Berbekal senjata andalannya, yakni kapak sakti.

Di tengah perjalanan ia bertemu seorang pemuda seumuran yang mengaku bernama Bambang Suksdadi. Sama seperti dirinya, Bambang Suksdadi juga seorang sakti mandraguna. Ia baru turun dari padepokan Bluluktiba dan berkeinginan mencari lawan tanding. Bak gayung bersambut, Raden Bambang Pecrukpanyukilan pun menantangnya. Keduanya lantas berjibaku. Seru. Saling menyerang, saling tindih, saling injak, saling jitak dan saling piting.

Berhari-hari pertempuran seimbang itu tak kunjung usai. Kedua Bambang sama-sama tangguh. Dan sepertinya tidak ada yang bakal keluar menjadi pemenang. Melihat dua pemuda asyik bergumul, Ki Lurah Semar, yang sebenarnya adalah titisan Bathara Ismaya, yang kebetulan tengah berkeliling mayapada ditemani Bagong, bergegas turun tangan.

Source kompasiana.com kompasiana.com/elfat67/5a9b82685e1373230b0af8f3/cerpen-kangmas-petruk-to-be-yourself
Comments
Loading...