Lakon Pewayangan : Saat Lakon Wayang Romantis

0 81

Mendengar, menonton dan membaca cerita Ramayana. Apa kamu tahu ceritanya juga? Iya.. Cerita tentang kisah Prabu Rama – Dewi Shinta dan Rahwana itu. Entah mengapa banyak orang yang mengatakan kisah ini romantis. Tapi masih menyimpan pertanyaan yang menggemaskan otak, mencari – cari dimanakah sisi romantisnya kisah ini? Jika ada masa dimana Prabu Rama – yang Sinta cintai justru mencurigainya, dan yang parahnya lagi kenapa harus ada adegan membakar Sinta – pasangannya sendiri.

Jika itu adalah kisah nyata, apa akan ada kesempatan kedua untuk mencintai orang yang sudah terlanjur mati, karena pinta orang itu sendiri? Atau takdir wanita yang harus berkorban untuk bisa dipercayai? Ini Sinta. Ingin mengatakan padamu Rama:

Harusnya kau tahu, dalam sekapan Rahwana sekalipun. Rahwana tak berani memegangku, walaupun bisa saja dia melakukan semaunya. Kau tahu? Meski Rahwana mendambakanku dan menginginkanku. Dia tak pernah menyentuhku dan aku tidak pernah mengijinkan karena setianya aku padamu, satu. Tetapi, masihkah kau meragukan kesetiaanku darimu, hingga kau pun harus mencurigai kesucianku dan kemudian membakarku? Biarkan Tuhan menunjukan keadilan, silahkan kau bakar aku, disitu ada pancaran menyilaukan dari kesetiaan yang akan ku perlihatkan.

Source Kompas kompasiana.com/listhiahr/5535a92b6ea834ef18da42e3/ketika-cerita-wayang-bisa-seromantis-ini
Comments
Loading...