Lakon Pewayangan : Saat Sang Resi Tergoda Bidadari

0 30

Dikisahkan, Wismamitra adalah seorang Resi yang tidak pernah puas akan kesaktian yang sudah dimilikinya. Ia terus melakukan tapa brata dengan khusuk di tengah belantara agar bisa mencapai kesempurnaan setaraf dengan kesaktian dewa-dewa. Ia berambisi ingin menguasai Kahyangan. Tentu saja niat tersebut membuat para dewa merasa was-was. Bagaimana jadinya jika seorang bangsa manusia sampai menguasai istana Indraloka? Kekhawatiran tersebut bukan tanpa alasan.

Mereka—para dewa tahu persis bagaimana watak dan perilaku manusia di bumi. Jalma manusia lebih mengutamakan nafsu ketimbang akal sehat. Mereka juga sering menyalahgunakan wewenang ketimbang mengemban amanat.

Kalau pertapa tersebut sampai berhasil menguasai Kahyangan, maka tatanan yang sudah ada akan dirombaknya habis-habisan sesuai dengan keinginannya

Batara Indra menyampaikan kegalauan hatinya.

“Kita sudah melihat begitu banyak contoh ketidakkonsekuenan manusia di dalam memimpin. Mereka suka memberlakukan undang-undang. Ini-itu, yang pada akhirnya mereka sendiri yang melanggarnya.”

“Jadi langkah apa yang mesti kita ambil untuk menggagalkan rencana pertapa itu, Guru?”

“Kita kirim saja seorang bidadari ke bumi. Itu jalan satu-satunya!”

Batara Indra menjawab tegas. Semua dewa setuju. Maka dipilihlah bidadari paling jelita yang dimiliki oleh Kahyangan. Dan pilihan itu jatuh pada Dewi Menaka.

Source kompasiana.com kompasiana.com/elfat67/5a9230eccbe5233857219323/dongeng-wayang-ketika-bidadari-menggoda-sang-resi
Comments
Loading...