Lakon Pewayangan : Saat Sarpakenaka Jatuh Cinta

0 88

Dikisahkan, suatu hari akibat tuntutan Dewi Kaikayi terhadap Prabu Dasarata, Rama harus terusir dari istana Ayodyaraya. Prabu Dasarata kalah janji. Ia terpaksa mengangkat Pangeran Bharata–putra dari pernikahannya bersama Kaikayi menjadi raja. Meski sesungguhnya Rama –putra sulung buah cintanya bersama Kosalya lebih berhak dan lebih pantas menggantikan dirinya. Bersama istri tercinta, Dewi Shinta, Rama pergi meninggalkan istana diikuti oleh adik kesayangannya¬†Laksmana.

Pengembaraan mereka tidaklah mudah. Berbagai rintangan dan kejadian menegangkan mereka alami. Salah satunya adalah seringnya mereka dicegat oleh para raksasa jahat yang ingin menculik Dewi Shinta. Namun berkat kesaktian panah yang dimiliki Rama, segala rintangan dapat diatasi dan pengembaraan tetap berlanjut hingga berakhir di sebuah hutan perawan bernama Dandaka. Di dalam hutan tersebut Rama mendirikan pondok mungil penuh cinta. Meski tidak seindah istana yang mereka tinggalkan, keluarga Rama tetap menjalani kehidupan dengan penuh rasa syukur dan bahagia.

Rama tetap melanjutkan aktifitasnya seperti biasa. Yakni berburu. Sedang Laksmana mencari buah-buahan yang tumbuh di dalam hutan. Sesekali ia menemani kakaknya berburu. Sedang Dewi Shinta tetap tinggal di pondok mengerjakan tugasnya sebagai istri. Ia menyiapkan makanan dan memetik bunga-bunga untuk upacara persembahan. Sementara itu di tengah hutan Dandaka tinggal pula seorang raseksi bernama Sarpakenaka. Dia adalah putri dari kerajaan Alengkapura.

Source kompasiana.com kompasiana.com/elfat67/5b779be3ab12ae059d66eea2/wayang-ketika-sarpakenaka-jatuh-cinta
Comments
Loading...