Lakon Pewayangan : Sakri Sraya, Jago Kahyangan

0 139

Kisah ini menceritakan masa remaja Bambang Sakri yang menjadi jago Kahyangan Suralaya menghadapi Prabu Kunjanakresna raja raksasa dari Manimantaka. Bambang Sakri lalu mendapatkan gelar Batara Sakri, dan ini pertama kalinya seorang manusia memakai gelar seperti dewa. Bambang Danadewa dan Bambang Kintaka menjadi punggawa Wirata. Prabu Basukiswara di Kerajaan Wirata dihadap Patih Wasita, Arya Sriati, dan Arya Manungkara. Mereka sedang membicarakan rencana pembangunan taman sari di Kota Medangkawuri atau Wirata Lama.

Patih Wasita pun ditunjuk sebagai pemimpin pembangunan taman tersebut. Tidak lama kemudian datanglah dua orang laki-laki yang bernama Bambang Danadewa dan Bambang Kintaka. Mereka memohon agar diterima mengabdi menjadi punggawa di Kerajaan Wirata. Bambang Danadewa adalah putra Resi Artaetu, atau adik mendiang Dewi Retnadi. Dengan demikian, ia merupakan adik ipar Prabu Basukiswara. Meskipun Resi Artaetu kini telah menjadi raja Medang Kamulan dan bergelar Prabu Maheswara, namun Bambang Danadewa tidak bersedia diangkat menjadi putra mahkota di sana.

Ia memohon kepada sang ayah agar diizinkan mengabdi kepada Prabu Basukiswara saja. Ia mengaku telah bermimpi mendapat petunjuk dewa bahwa di Kerajaan Wirata ia akan mendapat lebih banyak pengalaman berharga daripada tinggal di Medang Kamulan. Prabu Maheswara pun mengizinkannya berangkat. Dalam perjalanan menuju Kerajaan Wirata, Bambang Danadewa bertemu Bambang Kintaka yang juga ingin mengabdi.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2016/01/sakri-sraya.html
Comments
Loading...