Lakon Pewayangan : Senjata Konta – Adipati Karna

0 236

Gatotkaca lahir. Jodipati gembira ria. Sayangnya puser jabang Tutuka tak bisa dipotong. Bima menjadi gusar. Didatangkannya semua para sepuh Pandawa. Kresna berkata agar mencari senjata Konta yang akan diturunkan dewa. Di khayangan Naga percona membuat kerusuhan pengen menikah dengan dewi Supraba. Maka para dewa dan wadya bala raksasa berperang. Para dewata kewalahan sampai Selamanangkep ditutup rapat. Dan batara Narada mengusulkan pada batara Guru untuk meminta petunjuk.

Petunjuknya adalah yang bisa mengalahkan Naga percona adalah jabang Tutuka. Tapi harus dipotong dulu pusarnya dengan senjata andalan, senjata Konta. Lalu hyang Narada turun dan menyerahkan senjata Konta kepada orang yang salah. Dikiranya Arjuna ternyata Aradea alias Karna. Dan akhirnya bertemu Arjuna dan Punakawan asli. Hyang Narada mengaku kesalahannya. Lalu Arjuna pun mencari Aradea. Terjadi perkelahian akhirnya sarung senjata Konta di dapat.

Sementara senjata kontanya itu tetap dimiliki Aradea. Disini lalu sampai Bharata yudha nantinya senjata Konta tetap jadi milik adipati Karna. Adipati Karna bersemadi. Dia menajamkan mata batin agar diberikan kemenangan dalam perang Bharata yudha. Bhatara Indra ayah Arjuna merasa sangat khawatir karena Arjuna akan kalah dalam perang Bharata yudha jika Karna masih memiliki baju zirah dan anting Bhatara surya. Maka datanglah bhatara Indra menyamar sebagai pertapa ke adipati Karna.

Source Wayangku Wayang Indonesia
Comments
Loading...