Lakon Pewayangan : Srikandi Daup, Srikandi akan Nikah

0 205

Negara Pancala dipenuhi oleh kadang Pandawa. Karena Pancala (Cempala) mengadakan sayembara. Bahwa Srikandi akan menikah dengan siapa saja yang sanggup membuat atau memperbaiki taman Mowokoco. Saat itu semua dari Pandawa tahu bahwa Arjuna menginginkan bersanding dengan Srikandi. tetapi rupanya hal ini membuat cemburu Larasati istri ke 2 Arjuna. Sebenernya Larasati disuruh oleh Sembadra istri pertama Arjuna untuk menguji Srikandi dalam olah kaprigelan.

Ternyata kemampuan Srikandi dan Larasati sama dan sebanding. Karena tidak menginginkan geger berlanjut maka dibuatlah sayembara tersebut. Rupanya sayembara ini membuat kerajaan Ceti mengirimkan dutanya. Duta tersebut berwujud raksasa datang ke Paseban agung dan menyatakan ingin melamar Srikandi. Belum memutuskan raja Drupada raja agung Cempala, sudah ditengahi oleh Drestajumna saudara Srikandi. Drestajumna menantang kepada duta tersebut agar balik ke Cethi dan mengurungkan niatnya.

Lalu terjadilah saling adu emosi yang berakhir tantang menantang. Raksasa keluar diiringi Drestajumna. Rupanya prabu Drupada merasa sangat kuatir dan meminta Gatotkaca, Setyaki dan Antaredja yang hadir untuk mendampingi DrestajumnA. Perang terjadi dan Drestajumna berhasil sementara waktu menang. Lalu dilanjutkan perang dengan Setyaki, Gatotkaca dan Antaredja. Duta itu walau berkali kali kalah tetep memaksa maju. Sampai akhirnya dengan nasehat dari Togog sang duta memilih pulang. Karena serangan gabungan dari Gatotkaca di udara dan Antaredja di bumi.

Source tokohpewayanganjawa.blogspot.com tokohpewayanganjawa.blogspot.com/2014/06/srikandi-daup.html
Comments
Loading...