Lakon Pewayangan : Srikandi Meguru Manah, Arjuna

0 45

Kisah ini menceritakan tentang Dewi Srikandi putri Prabu Drupada yang berguru memanah kepada Raden Arjuna. Hubungan mereka berubah menjadi kekasih namun dipisahkan oleh Dewi Drupadi. Dewi Srikandi pun kembali ke negerinya dan berusaha menaikkan harga diri melalui peperangan melawan Prabu Jungkungmardeya yang menginginkannya. Dewi Srikandi menghilang dari istana. Prabu Drupada di Kerajaan Cempalareja (Pancala Selatan) dihadap para menteri dan punggawa, antara lain Raden Drestajumena (putra mahkota), Patih Drestaketu, Arya Yudamanyu, dan Arya Utamayuda.

Mereka sedang membicarakan putri raja nomor dua, yaitu Dewi Srikandi yang sudah tiga bulan ini menghilang entah ke mana. Prabu Drupada teringat kisah masa lalu, di mana pernikahannya dengan sang permaisuri Dewi Gandawati tidak dikaruniai anak sama sekali. Hingga pada suatu hari Kerajaan Pancala diserang musuh lama Prabu Drupada, yaitu Resi Druna bersama murid-muridnya. Prabu Drupada dan Arya Gandamana (adik iparnya) kalah di tangan Raden Arjuna dan Raden Bimasena.

Resi Druna pun merebut kekuasaan atas Kerajaan Pancala dan membaginya menjadi dua. Wilayah bagian utara termasuk istana lama menjadi milik Resi Druna, sedangkan wilayah selatan diserahkan pada Prabu Drupada. Sejak saat itu, Prabu Drupada sekeluarga pindah ke selatan dan membangun ibu kota baru di Desa Cempala. Oleh sebab itulah, Kerajaan Pancala Selatan pun dikenal pula dengan nama Cempalareja.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2017/02/srikandi-meguru-manah.html
Comments
Loading...