Lakon Pewayangan : Suman Lahir (Kelahiran Suman)

0 231

Kisah ini menceritakan kelahiran Raden Suman yang kelak bergelar Patih Sangkuni, yaitu tokoh licik yang mengadu domba para Kurawa dan Pandawa sehingga meletus Perang Bratayuda. Satu putra Kerajaan Hastina, entah itu Raden Kuru, Raden Pandu, ataupun Raden Widura. Prabu Suwala merasa bersyukur jika hal itu bisa menjadi kenyataan. Sementara itu, Prabu Kresna Dwipayana sedang merenung membayangkan bahwa bayi laki-laki yang dilahirkan Dewi Kesru kelak akan menjadi sumber kekacauan, sebagaimana firasat yang ia terima.

Ia pun berharap Batara Wisnu juga terlahir sebagai manusia untuk menangkal pengaruh buruk bayi laki-laki ini. Untuk itu, Prabu Kresna Dwipayana mengusulkan agar sebaiknya bayi laki-laki tersebut diberi nama Raden Suman. Resiwara Bisma berbisik apakah Suman itu singkatan dari “nafsu siluman”, yaitu sebagai pengingat bahwa si bayi laki-laki adalah hasil kejahatan Gandarwa Sutibar? Prabu Kresna Dwipayana menjawab bahwa Suman adalah nama lain Batara Wisnu.

Dengan demikian, apabila nama Raden Suman dipanggil, maka itu sama saja dengan mengharap kehadiran Batara Wisnu, sang pemelihara ketertiban dunia agar segera lahir ke dunia. Prabu Suwala menerima saran Prabu Kresna Dwipayana tersebut. Ia pun memberi nama Raden Suman kepada bayi laki-laki yang dilahirkan istrinya. Setelah dirasa cukup, Prabu Kresna Dwipayana dan Resiwara Bisma mohon pamit kembali ke Kerajaan Hastina disertai para panakawan.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2015/11/gendari-suman-lahir.html
Comments
Loading...