Lakon Pewayangan : Taman Soka, Istana Alengka

0 469

Taman Soka (Asoka) adalah sebuah taman di istana Alengka. Di sinilah Shinta ditawan oleh Rahwana. Shinta ditemani oleh Trijatha, kemenakan Rahwana. Diceritakan bahwa taman ini sangat indah hampir menyerupai kahyangan, di dalamnya banyak terdapat Pohon Nagasari (Serut). Pintu taman dijaga dua raksasa. Taman Asoka yang dibuatnya untuk Shinta tak bisa membahagiakannya, baju, emas dan permata tak menyenangkan hatinya, buah, daging, dan segala jenis makanan tak menarik seleranya.

Bila terus begini Shinta pasti akan mati, cepat atau lambat. Tujuan Rahwana membawa Shinta ke Alengka agar dapat melindunginya ternyata tak lebih baik dari membiarkan Shinta di hutan sendiri dan mati dimakan raksasa. Frustasi, Rahwana mendatangi Wibisana yang merupakan adik sekaligus penasihat kepercayaannya. Namun nasihat Wibisana sangat tak memuaskan hati Rahwana, bagaimana tidak, Wibisana menyarankan untuk mengembalikan Shinta ke tangan Rama, karena menurutnya peperangan ini sebenarnya tak perlu terjadi andai Rahwana tak menahan Shinta.

Tak pernah terlintas sedikitpun dalam benak Rahwana untuk menyerahkan Shinta kepada Rama, ia tak ingin mengembalikan Shinta hanya untuk mengabdi pada Rama yang tak punya apa-apa. Shinta layak hidup sebagai Ratu dengan bergelimang kemewahan dunia dan bahagia tanpa pernah tau apa itu penderitaan. Maka saran dari Wibisana ia abaikan, ia rela meski harus mengorbankan banyak nyawa rakyatnya demi mempertahankan.

Source Wayangku Wayang Heritage
Comments
Loading...